Tuesday, June 25, 2024

Bobby Nasution Lantik Kepengurusan Pengda Sumatra Utara

IOF – Ketua Harian Indonesia Off-road Federation (IOF) Pusat, Bobby Nasution, baru saja melantik kepengurusan Pengda Sumatra Utara (Sumut) masa bakti 2023-2026.

Dalam kesempatan itu, Bobby Nasution, menyarankan kepada Pengurus Daerah IOF Sumatra Utara (Sumut) agar membentuk sukarelawan kebencanaan.

Dia menilai hal tersebut menjadi sesuatu yang penting untuk menyesuaikan alam di wilayah itu. Wali Kota Medan ini berharap terobosan tersebut menjadi contoh bagi pengurus daerah lain.

“Perlu dibuat semacam relawan kebencanaan. Bahkan kalau bisa, IOF Sumut menjadi contoh bagi daerah lain,” ucap Bobby yang juga Wali Kota Medan, di Medan, Sumut, Senin (23/10).

Pengurus Daerah IOF Sumatra Utara.

Menantu Presiden Jokowi ini menyebut para pengurus nantinya akan dibekali kemampuan khusus untuk menjadi sukarelawan kebencanaan. Sehingga saat terjadi bencana para relawan sudah siap diterjunkan.

Dengan demikian, kata dia, kehadiran IOF Sumut dapat membantu tugas pemerintah daerah apabila terjadi bencana. “Sukarelawan kebencanaan ini dapat diterjunkan untuk membantu pemerintah pusat maupun pemerintah daerah dalam penanganan bencana,” kata Bobby.

Suami Kahiyang Ayu ini berharap IOF Sumut menjadi pengurus daerah yang pertama menggelar pelatihan sebagai sukarelawan kebencanaan yang diikuti oleh pengurus dan anggota.

Bobby juga menyampaikan bahwa IOF Sumut dapat berkolaborasi dan berjalan beriringan dengan berbagai pemangku kepentingan, sehingga kolaborasi dan komunikasi secara internal maupun eksternal terjalin.

Dengan dibentuknya sukarelawan kebencanaan, kata dia, diharapkan IOF Sumut minimal dapat menginspirasi dan mengedukasi anggota lainnya menjadi sukarelawan.

“Kita semua tahu bahwa Sumut ini memiliki potensi alam yang juga berbanding lurus dengan potensi kebencanaannya,” ucap ayah Nahyan ini.

Menurutnya, apabila sukarelawan kebencanaan IOF Sumut terbentuk, maka akan turut membantu para anggota ketika sedang berada di lokasi offroad.

“Saat kita berada di dalam hutan, maka perlu juga membekali diri dan organisasi dengan ketanggapan akan potensi bencana,” tutur Bobby.

Ketua Harian IOF Bobby Nasution telah mengukuhkan pengurus IOF Sumut periode 2022-2026, yang diketuai Riza Bastaman Matondang di Medan, Sumatera Utara, Minggu (22/10) malam WIB.

RELATED ARTICLES