Friday, July 19, 2024

Talenta Muda Bersinar, Dominasi Gelar Juara Urban Enduro 2024

IOF – Rampung sudah penyelenggaraan Urban Enduro kreasi Indonesia Off-road Federation (IOF) dan M Sport Creative di IIMS 2024. Hasilnya, Farel Huda Hanafi keluar sebagai juara umum.

Pada ajang Urban Enduro bertajuk X Fest ini, Farel sukses memenangi dua gelar dari tiga kelas berbeda. Pertama, Farel menjuarai kelas FFA Built-Up dengan total catatan waktu balapan dengan raihan 15 menit dan 54 detik dari total 45 lintasan sepanjang 2 putaran.

Pembalap dari klub JavaMix ini mengungguli Dadan KR dengan catatan waktu 18 menit dan 57 detik dan Airlangga dengan catatan waktu 20 menit dan 8 detik.

Dan di kelas kedua, kelas FFA Local Pro, Farel sukses mencatatkan waktu tercepat dengan raihan waktu 9 menit dan 30 detik. Farel mengalahkan Dadan KR dari klub Affada Production Racing dengan catatan waktu 9 menit dan 53 detik serta Sofix DP dari klub John MX88 dengan catatan waktu 10 menit 50 detik.

Juara kelas FFA Local Hobi.

Di kelas lainnya yakni Local Hobby, peraih podium pertama diraih oleh Ivan dari RRT Pandawa dengan catatan waktu 8 menit dan 59 detik. Adapun, ditempat kedua ada Delly RA dari Pege Enduro dengan catatan waktu 9 menit dan 29 detik serta Kiki dari klub JavaMix dengan catatan waktu 10 menit 30 detik.

Farel Huda Tak Terbendung

Farel Huda Hanafi juara kelas FFA Local Pro.

Farel sejatinya memang tampil apik. Sejak Urban Enduro X Fest berlangsung dari putaran pertama pada Sabtu (18/2) dan Minggu (19/2) lalu, pembalap 17 tahun ini memang sudah dominan.

Di putaran pertama, pembalap asal Kendal, Jawa Tengah, ini sukses naik podium di kelas FFA Built Open dan ada di peringkat kedua di kelas FFA Local Pro.

Di putaran kedua yang masih berlangsung di Jakarta International Expo (JIEXpo) Kemayoran, Jakarta, Pusat, pada Jumat (23/2) dan Sabtu (24/2), Farel terus mendominasi balapan di jalur perburuan juara.

Tercatat, sejak balapan sesi pertama hingga ketujuh di Farel memenangi 4 kali kelas FFA Built-Up dan 4  kali pula di kelas FFA Local Pro.

Untuk itu, dari kalkulasi perhitungan waktu, Farel kemudian dinobatkan menjadi juara umum di ajang Urban Enduro X Fest.

Farel Hudan dan Dadan KR juara umum bersama kelas FFA Build Up Open.

Selain meraih predikat juara umum, Urban Enduro bertajuk X Fest yang digagas oleh Indonesia Off-Road Federation (IOF) ini juga menelurkan satu kategori lainnya yakni Best Time. Untuk kategori ini, Dadan KR menjadi yang tercepat di dua kategori yakni FFA Built Up dan Local FFA.

Adapun, terpilihnya nama Dadan lantaran catatan waktu yang dicapainya. Pembalap asal Pangandaran ini memiliki catatan waktu 14,533 detik untuk satu kali lintasan Built Up dan 15,247 detik untuk Local FA.

Sementara untuk peraih catatan waktu di kelas Lokal Hobbies Ivan B menjadi yang tercepat. Pembalap asal klub RRT Pandawa mencatatkan waktu 17,265 detik untuk satu kali lintasan.

Ajang Urban Enduro X Fest sudah berlangsung selama sepekan. Kegiatan yang digagas oleh IOF ini sekaligus memeriahkan acara Indonesia International Motor Show (IIMS) 2024 yang sudah bergulir sejak pertengahan Februari lalu.

Dalam ajang ini, ada tiga kelas yang diperebutkan oleh para pembalap. Pertama FFA Local Pro, FFA Local Hobby, dan yang ketiga FFA Built Up Open.

Selain gelaran kompetisi, X Fest juga menggelar bakti sosial dengan menyuguhkan bantuan medis yaitu cek tensi darah dan suntik vitamin C yang didukung oleh Global Medical Care Indonesia dan Suzuki Club Reaksi Cepat (SCRC).

Tak Hanya itu, ajang X Fest juga oleh sejumlah sponsor, sebut saja M Sport Creative yang juga merupakan promotor acara, Arei Outdoor Gear, Wild Forest 4WD, Untung 4×4, AZetc Offroad Clothing, Barma Hats, Biell’s Moto, 891 Garage, Serigala Rider, Sports Arena, Hayu Oprud, serta Wheels Xtreme.

RELATED ARTICLES