Friday, July 19, 2024

Tim SAR Gabungan Lakukan Proses Evakuasi Masyarakat Terdampak Banjir di Karanganyar Demak

IOF – Banjir di Kabupaten Demak, Jawa Tengah (Jateng), terus meluas memasuki hari keenam. Bahkan banjir telah memasuki wilayah kota Demak.

Seiring dengan tagline Indonesia Off-road Federation (IOF) yaitu Unity and Humanity, Pengurus Daerah (Pengda) IOF Jawa Tengah turut serta dalam menggalang bantuan dan dukungan terhadap para korban terdampak banjir.

Pengda IOF Jateng bahu membahu bersama Pengurus Cabang (Pengcab) IOF Pati, Pengcab IOF Kudus, Pengcab IOF Demak, Pengcab IOF Semarang dan sejumlah instansi terkait terus bergerak memberian uluran tangan.

Proses evakuasi masyarakat terdampak banjir oleh tim SAR Gabungan dan Pengda IOF Jateng.

Hingga detik ini, ribuan rumah warga terendam banjir. Selain itu, banjir juga merendam jalur pantura Demak.

Meluasnya banjir disebabkan tanggul yang jebol. Belum ada upaya perbaikan. Sementara air dari sungai terus mengalir memasuki wilayah pusat kota Demak.

Warga terdampak banjir tercatat mencapai 97.147 jiwa. Sedangkan warga yang mengungsi tercatat 24.946 jiwa yang tersebar di 56 titik pengungsian.

Proses evakuasi masyarakat terdampak banjir oleh tim SAR Gabungan dan Pengda IOF Jateng.

IOF bergerak sigap dengan melakukan evakuasi kepada mesyarakat yang terdampak, total keseluruhan yang berhasil diamankan sekitar 87 Jiwa. Yang merupakan warga Dusun Babatan Karanganyar, Dusun Ngemplik Karanganyar, Dusun Kedung Karanganyar, serta Dusun Norowito Ketanjung.

Potensi SAR (Search And Rescue) yang terlibat dalam penanganan evakuasi di Pos Pelayanan Sektor Tanggulangin Karanganyar Demak antara lain Basarnas, MED-A, NU Peduli, MDMC, BPBD Solo Raya, BPBD Demak, MTA, BPBD Klaten, Mapala Arga Dahana, SAR Temanggung, serta IOF Rescue Pengda Jateng.

Tim SAR Pengcab IOF Malang merapat ke posko penanggulangan banjir di Jawa Tengah.

Tak hanya itu, Pengcab IOF Malang juga merapat BKO ke posko Pengda IOF Jateng dalam upaya penanggulangan bencana banjir Semarang, Demak, dan Karanganyar.

Lima personil Pengcab IOF Malang turut berpartisipasi menuju titik tnrdampak musibah dengan menyertakan fasilitas yang dibawa; rantis 4×4, LCR boat serta River boat.

RELATED ARTICLES