Friday, July 19, 2024

TNI AL dan IOF Berkolaborasi Gelar Fun Offroad TNI 2024

IOF – Kegiatan offroad 4×4 yang bertajuk Fun Offroad TNI 2024 berlangsung sukses dan meriah di Sagoro Hills Megamendung, Bogor, Jawa Barat, Minggu (7/1).

Fun Offroad TNI itu sejatinya diprakarsai oleh Pasmar I Jakarta, yang dipimpin Komandan Pasmar 1 (Danpasmar 1) Brigadir Jenderal TNI (Mar) Umar Farouq, S.A.P., CHRMP., M.Tr.Opsla., M.Han. Tujuan dari acara tersebut sangat jelas dan terarah, yaitu untuk mempererat silaturahmi dan komunikasi para pemimpin TNI dengan masyarakat. 

Pasmar I pun berkolaborasi dengan komunitas Double Cabin Bogor dan komunitas offroad yaitu Indonesia Off-road Federation (IOF) sebagai pemegang regulasi offroad di Tanah Air, agar kegiatan Fun Offroad TNI berjalan lancar dan mengedepankan sisi keamanan dan keselamatan para peserta yang terlibat.

Kolaborasi TNI dan IOF dalam kegiatan Fun Offroad TNI 2024.

Sebelumnya, Sekretaris Jenderal IOF, H. Joko Permana S.T., M.M. yang didampingi Divisi Adventure Expedisi Wahyu Lamban Jatmiko, Imam Taufik dan Refino Handoyo (Ketua Pengda Kepri) akan berusaha semaksimal mungkin agar pelaksanaan Fun Offroad TNI berlangsung dengan baik dan sukses.

“Saya selaku Sekjen IOF berterimakasih telah dilibatkan dalam kegiatan ini. Yang pasti, saya dan jajaran akan memastikan para peserta (khususnya petinggi TNI) dapat melalui lintasan offroad dengan aman dan selamat,” kata Joko Permana.

“Saya ingin meastikan trek itu menantang, menyenangkan, dan membuat peserta puas. Bahkan saya sudah melakukan survey, mulai dari lintasan kering dan selepas hujan. Semoga semuanya berjalan sesuai dengan harapan,” sambungnya.

Divisi Adventure Expedisi IOF, Wahyu Lamban Jatmiko.

Pelaksanaan Fun Offroad TNI 2024 mengutamakan pelestarian lingkungan, kearifan budaya lokal, adat istiadat setempat dan bakti sosial yang merupakan implementasi dari TNI Prima (Profesional, Responsif, Integratif, Modern, Adaptif).

Kegiatan ini juga mampu menjadi bukti nyata bahwa TNI cukup responsif terhadap perubahan iklim dan ikut berkontribusi untuk pelestarian alam dan responsif terhadap penurunan pemanasan global serta responsif terhadap kesejahteraan masyarakat sekitar.

Panglima TNI Agus Subiyanto dan Kasal Muhammad Ali.

Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal), Laksamana TNI Dr. Muhammad Ali, S.E., M.M., M.Tr.Opsla. dalam pernyataannya sangat mengapresiasi digelarnya acara tersebut.

“Bakti sosial ini sebagai bentuk nyata semangat gotong royong dan kepedulian yang mendalam dari TNI-Polri untuk berkontribusi dalam memajukan kesejahteraan masyarakat sekitar. Kegiatan ini ke depannya dapat menjadi inspirasi positif bagi semua pihak untuk terus memberikan sumbangsih guna membangun kesejahteraan bersama,” kata Kasal. 

Kegiatan baksos dalam acara Fun Offroad TNI 2024.

Bakti sosial dan penanaman pohon menjadi rangkaian dari acara Fun Offroad TNI 2024. Selain membagikan ratusan paket sembako kepada warga sekitar, Panglima TNI Jenderal TNI H. Agus Subiyanto, S.E., M.Si. bersama Kasal Laksamana TNI Dr. Muhammad Ali, S.E., M.M., M.Tr.Opsla. dan unsur pimpinan TNI-Polri, juga melakukan penanaman ratusan pohon yang terdiri dari pohon pelangi, pohon mangga dan pohon petai sebagai wujud TNI peduli pelestarian lingkungan.

Puncaknya, Panglima TNI didampingi Kasal bersama para pejabat TNI melaksanakan aktivitas offroad yang bertujuan sebagai sarana komunikasi, menambah kecintaan kepada alam, mengenal petualangan dengan kendaraan 4×4 yang ramah lingkungan.

Ketua Umum IOF, Sam Budigusdian.

Ketua Umum IOF, Irjen. Pol. (Purn). Drs. H. Sam Budigusdian, M.H. juga mengutarakan apresiasinya terhadap TNI yang telah menggelar Fun Offroad TNI 2024.

“Hari ini kami merasa diposisikan betul-betul sebagai induk organisasi satu-satunya untuk offroad Indonesia. Karena kami juga menyatakan diri bahwa kami siap membantu jajaran TNI kala ada bencana,karena kami nyatanya selalu ada ketika terjadi bencana di seluruh Indonesia,” jelas Ketua Umum IOF.

“Dan hari ini kita dinyatakan tadi mereka akan siap untuk bekerjasama lebih erat lagi. Alhamdulillah, kami merasa bangga, saya mengucapkan terma kasih kepada Panglima, Kasal sebagai tuan rumah, pak Farouq dan seluruh jajaran TNI,” tambahnya.

Kegiatan penananman pohon oleh Panglima TNI Agus Subiyanto di Fun Offroad TNI 2024.

Sementara itu, Ketua Panitia yang tak lain adalah Danpasmar 1, Brigadir Jenderal TNI (Mar) Umar Farouq, S.A.P., CHRMP., M.Tr.Opsla., M.Han. mengucapkan rasa syukurnya, acara ini berjalan dengan baik.

“Kami merasa bangga, merasa bahagia, merasa bersyukur, karena dalam penyelenggaraan kegiatan Fun Offroad TNI 2024 dapat berjalan dengan baik. Tentunya berkat arahan dan bimbingan dari bapak Ketua Umum, rekan-rekan dari IOF. Dan ini menjadi satu hal yang sangat menarik, dan bagi kami merupakan ilmu yang sangat bagus, dalam rangka menumbuhkembangkan tentang offroad di Indonesia,” ujar Danpasmar 1.

“Dan sekali lagi, kami mengaturkan termika kasih yang sebesar-besarnya kepada bapak Ketua Umum, kupada bapak Sekjen yang berkesempatan hadir, dan kapada rekan-rekan yng datang dari IOF. Kami sangat terbantu, kami bangga, salam offroad,” Jelasnya.

Penyerahan cendera mata di Fun Offroad TNI 2024.

Selain Panglima TNI dan Kasal, hadir dalam kegiatan ini Kasau, Pangkostrad, Wakapolri, Irjen TNI, Pangkogabwilhan I, Pangkogabwilhan II, Koorsahli Panglima TNI, para Asisten Panglima TNI dan Angkatan.

RELATED ARTICLES