Friday, July 19, 2024

Wawan Kadri Pamer Aksi di IOF Urban Enduro 2024

IOF – Indonesia International Motor Show (IIMS) 2024 tengah bergulir. Ajang yang digagas oleh Indonesia Off-road Federation (IOF) bertajuk X Fest lewat suguhan kompetisi motor trail Urban Enduro dan Remote Control (RC) diikuti sejumlah pembalap nasional.

Salah satunya Wawan Kadri. Berstatus sebagai pembalap nasional yang sudah terjun di ajang balapan dunia, Wawan ikut andil mengaspal di Jakarta International Expo Kemayoran.

Wawan turun di dua kelas yakni FFA Local Pro dan FFA Built Up Open. Kehadiran rider asal Kalimantan Timur ini jelas memantik atensi dari mereka yang hadir menyaksikan balapan.

Aksi Wawan Kadri di IOF Urban Enduro. (M Sport Creative)

Bicara hasil, pencapaian Wawan memang belum memuaskan. Sebab, pada hari penyelenggaraan X Fest, rider kelahiran 1993 ini menempati urutan keenam di kelas FFA Local Pro dan urutan keempat di FFA Built Up Open.

“Ini pengalaman yang baik buat saya. Lintasannya padat dan itu yang jadi tantangan di balapan kali ini,” kata Wawan usai ditemui usai merampungkan sesi kelima balapan.

Kompetisi motor trail Urban Enduro yang diadakan IOF kali ini memang berbeda. Berbeda dari event-event sebelumnya, kali ini penyelenggaraannya di tengah kota, bukan di alam terbuka seperti pegunungan.

Ini bukan tanpa sebab. Pasalnya, ajang balapan ini menjadi keikutsertaan IOF memeriahkan IIMS yang diadakan setiap tahunnya.

Di lintasan balap, IOF yang juga menggandeng Pengda IOF Banten dan M Sport Creative, membuat sejumlah tantangan di tempat yang terbilang ‘terbatas’.  Salah satunya panjang lintasan yang lebih pendek dari race-race yang ada pada umumnya.

“Karena ini yang pertama diadakan di pusat kota, ini yang membuat balapan kali ini beda. Keren. Salut buat para pemerhati roda dua yang mau bikin di tengah kota seperti ini,” kata Wawan.

Wawan sejatinya sudah kenyang pengalaman bicara balapan trail. Jauh sebelumnya, pria yang sudah menggeluti motor trail sejak kelas 2 Sekolah Menengah Atas (SMA) ini sudah menjajal lintasan di Rumania pada Juli 2023 lalu.

Ketika itu, Wawan yang mewakili Indonesia menghadapi rintangan yang lebih berat di Red Bull Romaniacs Enduro Championship seri ke-20. Menunggangi motor KTM 300SX 2023, Wawan kudu melewati perbukitan, savana rumput, dan lembah.

Wawan Kadri unjuk gigi di IOF Urban Enduro 2024.(M Sport Creative)

Tak sampai di situ, perjuangan Wawan balapan di Rumania juga berat. Sebab, untuk bisa naik podium, ada 155 peserta yang mesti dikalahkan.

“Pengalaman di Rumania yang pernah saya jalani, lintasannya enggak sama kayak di IIMS ini. Di sana track-nya lebih panjang dan rintangannya juga jaraknya lebih.”

“Kalau di IIMS, track-nya pendek, rintangannya juga jaraknya padat, jadi itu yang bikin saya kewalahan, sih. Tapi tetep seru dan salut sama ajang kayak gini,” tuturnya.

Ajang balapan trail yang digagas IOF di IIMS ini juga tak luput dari perhatian Wawan. Menurutnya, kompetisi trail roda dua ini masih perlu ditingkatkan.

“Semoga eventnya bisa lebih banyak lagi. Soalnya, event gini-gini masih kurang,” kata Wawan.

Ajang X Fest digelar dalam dua sesi.  Pertama pada Sabtu dan Minggu atau 17 dan 18 Februari 2024 dan yang kedua pada pekan depannya di hari yang sama atau 24 dan 25 Februari.

Dalam ajang ini, ada tiga kelas yang diperebutkan oleh para pembalap. Pertama FFA Local Pro, FFA Local Hobby, dan yang ketiga FFA Built Up Open.

RELATED ARTICLES