Monday, May 20, 2024

IMI X IOF Challenge 2024 Jadi Ajang Silaturahmi Antarkomunitas Offroad di Tanah Air

IOF – Ikatan Motor Indonesia (IMI) berkolaborasi dengan Indonesia Off-road Federation (IOF) menggelar Kejuaraan otomotif bertajuk IMI X IOF Challenge 2024. Ajang tersebut diselenggarakan di Sirkuit Purangga Park, Kebumen, Jawa Tengah pada 10-12 Mei 2024.

IMI X IOF Challenge 2024 memperebutkan total hadiah ratusan juta rupiah beserta trofi juara. Puluhan offroader telah mendaftarkan diri untuk ambil bagian dalam kejuaraan bergengsi tersebut.

Ada dua kategori yang dipertandingkan dalam IMI X IOF Challenge 2024 yakni IMI Adventure Offroad Non Winching yang terdiri dari kelas G1, G2, G3, dan G4. Kemudian IOF Adventure Offroad Winching yang terbagi dalam kelas Adventure Offroad Individual Winching (Kelas FFA) dan Adventure Offroad Team Winching (beregu).

“Sejauh ini sudah ada 50 starting yang terdaftar, dan masih akan bertambah lagi mengingat waktu pelaksanaan yang masih beberapa hari lagi. IMI X IOF Challenge 2024 menjadi ajang bagi para offroader untuk menunjukkan kemampuan dan ketangguhan mereka,” kata Ketua Umum IMI Bambang Soesatyo.

“Khususnya dalam menaklukkan medan offroad yang menantang. Para peserta akan diuji kemampuannya dalam navigasi, teknik mengemudi, dan kerja sama tim,” jelas pria yang juga menjabat sebagai Ketua MPR RI tersebut.

Selain itu, lelaki yang karib disapa Bamsoet tersebut mengatakan IMI X IOF Challenge 2024 juga mempromosikan Purangga Park ke masyarakat luas untuk datang ke Kebumen. Hal ini buat meningkatkan ekonomi warga sekitar di kawasan tersebut.

“Sehingga masyarakat luas akan semakin banyak lagi yang datang ke Purangga Park. IMI X IOF Challenge 2024, maupun berbagai kejuaraan otomotif lainnya dapat memberikan multiplier effect economy yang signifikan bagi masyarakat di sekitar lokasi sirkuit. Sehingga dapat berkontribusi meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan masyarakat,” ucapnya.

Audensi IMI dan IOF jelang IMI X IOF Challenge 2024.

Pernyataan serupa diucapkan Sekretaris Jenderal IOF, Joko Permana. Pria yang juga merupakan offroader nasional tersebut sangat yakin IMI X IOF Challenge 2024 berjalan seru.

Joko Permana menyebut kejuaraan ini merupakan realisasi dalam rangka melaksanakan agenda kolaborasi antara pihaknya dan IMI untuk membangun sekaligus memperkuat silaturahmi antarkomunitas offroad di seluruh Indonesia. Tujuannya jelas, demi menggali potensi dan talenta baru yang berkualitas di lintasan offroad.

“Event ofrroad bertajuk IMI X IOF Challenge 2024 akan menghadirkan tantangan yang luar biasa dan petualangan yang tak terlupakan. Ini menjadi momen yang sangat dinanti-nantikan bagi kedua komunitas offroad di Indonesia,” ujar Joko.

“Dengan adanya IMI x IOF Challenge 2024 yang menyuguhkan regulasi berbeda dalam event yang terbagi dalam dua hari ini, tentu akan membuat peserta antusias dan harap-harap cemas dalam menyiapkan kendaraan menyambut balapan (non winching dan winching). Pastinya suasana balapan akan seru dan meriah,” Joko melanjutkan.

Audensi IMI dan IOF di rumah dinas Ketua Umum IMI Bambang Soesatyo.

Acara ini tentu tak bisa terlaksana tanpa dukungan para sponsor yaitu Kapal Api, Maxolie Hotel, Gudang Garam, WK Salatiga, Jep Clothing Bandung dan Gear Box Apparel Bandung.

Dukungan dari pihak-pihak terkait juga menjadikan gelaran ini semakin meriah, antara lain IMI Jateng, IMI Kab. Kebumen, IOF Pengda Jateng, IOF Pengcab Kebumen, KONI, KORMI, SportEve Club, JACK, Lamban Garage, Galena, T4C, Jeep Tour Adventure Kebumen, Red Jersey, Hayu Oprud dan pastinya Purangga Park.

Selain balapan offroad, penyelenggara juga akan menampilkan kesenian daerah, performa band, bakti sosial, kuliner khas lokal yang disajikan para UMKM dan masyarakat setempat.

RELATED ARTICLES