Monday, May 20, 2024

IMI X IOF Challenge 2024 Tuntas, dr. Jack dan JP99 Rajai Kelas Winching

IOF – Kejuaraan otomotif bertajuk IMI X IOF Challenge 2024 yang digelar di Sirkuit Purangga Park, Kebumen, Jawa Tengah pada 10-12 Mei, telah selesai dilaksanakan. Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo, memberikan apresiasi dengan dilaksanakannya ajang tersebut.

Pria yang karib disapa Bamsoet tersebut mengatakan IMI X IOF Challenge 2024, merupakan komitmen pihaknya bersama Indonesia Offroad Federation (IOF), untuk memajukan offroad di Tanah Air. Maka dari itu ia sangat senang dengan antusiasme yang ditunjukkan dari para offroader dan masyarakat dalam kejuaraan ini.

Terlebih, IMI X IOF Challenge 2024, adalah kejuaraan perdana yang digelar bersama antara kedua federasi tersebut. Dalam kejuaraan yang memperebutkan total hadiah ratusan rupiah dan trofi ini ada ada dua kategori yang dipertandingkan yakni IMI Adventure Offroad Non Winching yang terdiri dari kelas G1, G2, G3, dan G4, kemudian IOF Adventure Offroad Winching yang terbagi dalam kelas Adventure Offroad Individual Winching (Kelas FFA) dan Adventure Offroad Team Winching (beregu).

“Saya selaku Ketua Umum IMI sangat mengapresiasi event kolaborasi antara IMI dan IOF di Kebumen, Jawa Tengah. Dengan digelarnya event bertajuk IMI X IOF Challenge 2024, semoga tali silaturahmi tetap terjaga dan sinergi antarkomunitas offroad di Indonesia semakin guyup dan solid,” kata Bamsoet.

“Dan harapannya, event offroad kian semarak. Baik itu yang digelar oleh IMI maupun IOF, atau akan ada lagi gelaran kolaborasi jilid selanjutnya,” sosok yang menjabat sebagai Ketua MPR RI tersebut melanjutkan.

Ucapan serupa disampaikan Ketua Umum IOF, Sam Budigusdian. Menurutnya, IMI X IOF Challenge 2024 bukan sekadar kejuaraan saja, melainkan juga sebagai tempat berkumpulnya dan bertemunya para pencinta offroad yang berada di Tanah Air.

“Ini menunjukkan bahwa IMI yang dipimpin pak Bambang Soesatyo dan IOF yang saya pimpin telah berkolaborasi dan sepakat untuk sama-sama memajukan dunia offroad di Indonesia. Di mana para penggiat offroad di seluruh Indonesia baik IMI maupun IOF dan para volunteer yang mana setiap ada bencana kita akan sama-sama bahu-membahu turun membantu sesama untuk membantu melakukan penyelamatan dan pertolongan,” ujar Sam.

“Ini wujud kolaborasi dan silaturahmi kedua induk organisasi olahraga offroad di Indonesia dan mohon dengan event ini yang sebelumnya kita lakukan pembicaraan saat event IOF di Sleman beberapa waktu lalu, mohon pada seluruh ketua Pengda, Pengcab baik IMI maupun IOF untuk segera melakukan event sejenis sehingga kita lakukan kegiatan bersama-sama untuk memajukan dunia offroad di seluruh Indonesia,” Sam menambahkan.

Pada IMI X IOF Challenge 2024, penyelenggara juga memberikan bantuan sosial kepada warga yang berada di sekitar sirkuit. Tujuannya supaya warga turut merasakan manfaat dari diselenggarakannya kejuaraan tersebut.

“Saya kira event ini event yang sangat penting, momentum yang luar biasa di tahun 2024, di mana IOF bersama IMI berkolaborasi, bersilaturahmi dan insyaAllah kita melakukan kegiatan bersama ke depan. Tetap semangat untuk mengembangkan dunia offroad di Indonesia,” ujarnya.

Terkait hasil IMI X IOF Challenge 2024, untuk kelas IOF Adventure Offroad Individual Winching, Joko Permana dan Sumali dari tim Galena keluar sebagai juara dengan total poin 307. Kemudian untuk kelas Adventure Offroad Team Winching, 365 HRX Tedong Toraja yang menjadi kampiun dengan total poin 77.

Sementara untuk IMI Adventure Offroad Non Winching di kelas G1, Adnan dan Rifto Orvan dari tim SGWR Transport keluar sebagai juara dengan total poin 390. Lalu di kelas G2 Wahid Setiawan dan Atip Mustofa dari tim SCA Magelang yang angkat trofi dengan total poin 382. Beralih ke kelas G3, Naufal Raihan dan Yusuf Ady dari tim 365 HRX yang kampiun dengan total poin 380. Kemudian di kelas G4, Kiky Pidy dan Heri dari tim 365 HRX Tedong Toraja menjadi juara dengan total poin 385.

Acara ini tentu tak bisa terlaksana tanpa dukungan para sponsor yaitu Kapal Api, Maxolie Hotel, Gudang Garam, WM Salatiga, Jep Clothing Bandung dan Gear Box Apparel Bandung.

Dukungan dari pihak-pihak terkait juga menjadikan gelaran ini semakin meriah, antara lain IMI Jateng, IMI Kab. Kebumen, IOF Pengda Jateng, IOF Pengcab Kebumen, KONI, KORMI, SportEve Club, JACK, Lamban Garage, Galena, T4C, Jeep Tour Adventure Kebumen, Red Jersey, Hayu Oprud dan pastinya Purangga Park.

Berikut hasil lengkap IMI X IOF Challenge 2024:

IOF Adventure Offroad Individual Winching FFA

1. Joko Permana & Sumali (Galena-Pangkalan Bun) total poin 307
2. dr. Jack & Atok (Galena-Mataram) total poin 299
3. Hendrik & Deni Fauzia (365 HRX-Subang) total poin 284
4. Alex & Rey Yogi (Daviena Racing Team-Palembang) total poin 220
5. Raihan & Yusuf (365 HRX-Depok) total poin 201

Adventure Offroad Team Winching

1. 365 TRX Tedong Toraja total poin 77
2. Galena total poin 72
3. Daviena Sentul 4×4 total poin 61

IMI Adventure Offroad Non Winching

Kelas G1

1. Ardan & Rifto Orvan (SGWR Transport-DI Yogyakarta) total poin 390
2. Andika & Dedi (Mardika-Jawa Timur) total poin 362
3. Mocthar Hadi & Siswanto (Three-Jawa Tengah) total poin 345
4. Prasamytha & Rafika (JBTRT-Jawa Barat) total poin 330
5. Oik Sebastian & Unggul (DB16 Pekalongan-Jawa Tengah) total poin 296

Kelas G2

1. Wahid Setiawan & Atip Mustofa (SCA Magelang-Jawa Tengah) total poin 382
2. Agan Fauzi & Yayi (365 HRX-Jawa Barat) total poin 369
3. Rey Yogi & Muchlis Hadi (Daviena Racing Team-Sumatra Selatan) total poin 362
4. Iwan Setiawan & Gendon (Toko Sepeda Semarang-Jawa Tengah) total poin 342
5. Joni Ismail & Irfan (Wulan Jaya Motor-Jawa Tengah) total poin 324

Kelas G3

1. Naufal Raihan & Yusuf Ady (365 HRX-Jawa Barat) total poin 380
2. Hafidz Rizali & Darmin (Sentul 4×4-Jawa Barat) total poin 367
3. Doddy Rahardjo & Antok (RHJRT-DI Yogyakarta) total poin 354
4. Antok & Yaman (DL 4×4-Jawa Barat) total poin 336
5. Joko Permana & Sumali (Galena-Jawa Barat) total poin 325

Kelas G4

1. Kiki Pidy & Heri (365 HRX Tedong Toraja-Sulawesi Utara) total poin 375
2. Alex Efrizon & Septianda (Daviena Racing Team-Sumatra Selatan) total poin 375
3. Dr. Jack & Anto (Galena-Nusa Tenggara Barat) total poin 335
4. H. Cecep & Ricky (Jasa Kartini Offroad Team-Jawa Barat) total poin 319
5. Asep Mulyadi & Kiki Obroy (ML Putra-Jawa Barat) total poin 307

RELATED ARTICLES