Friday, July 19, 2024

IOF Pengda Kalteng Meriahkan Expedisi Maritim Menyambut HUT TNI AL Ke-78

IOF – Menyambut hari jadi Tentara Nasional Indonesia (TNI) Angkatan Laut ke -78, IOF Pengda Kalimantan Tengah (Kalteng) turut meriahkan Expedisi Maritim bersama tim otomotif gabungan.

Acara ini digagas oleh Dewan Pembina Indonesia Off-Road Federation (IOF), sekaligus Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal), Laksamana TNI Muhammad Ali.

Expedisi Maritim Rute Putih sudah diberangkatkan sejak 4 September 2023 dari titik awal Lantamal XII/Pontianak menuju Lanal Ketapang dan memasuki wilayah Kalimantan Tengah.

Rombongan tersebut diterima oleh tim expedisi maritim Lanal banjarmasin yang dipimpin oleh Mayor Laut (E) Adri Nira Vavirya di Desa Sandai Kab. Lamandau perbatasan Kalbar dan Kalteng, dengan melibatkan 17 kendaraan dari Indonesia Off-Road Federation (IOF) Pengda Kalteng dan Kabupaten Kotawaringin Barat, Selasa (5/9).

Klub-klub otomotif tersebut antara lain Suzuki Jip Kotawaringin Barat (SJK), Daihatsu Jip Club (DJC) dan Suzuki Jip Indonesia (SJI) Pangkalan Bun.

Pada acara penyambutan tersebut, beberapa kegiatan juga diselenggarakan di antaranya pemberian piagam penghargaan kepada club-club yang tergabung dalam IOF Pengda Kalteng, bhakti sosial penyerahan tali asih kepada Yayasan Yatim Piatu Ar Rahman, penyampaian sejarah perjuangan Kumai 14 Januari 1946 dalam rangka mempertahankan kemerdekaan RI dan dilanjutkan dengan panggung hiburan untuk masyarakat.

Keesokan harinya bendera expedisi maritim putih yang semula dibawa dengan menggunakan rute darat diestafetkan kepada Komandan KRI Layang-635 Letkol Laut (P) Eko Darmawan untuk dibawa menuju Banjarmasin melalui rute laut.

Expedisi Maritim 2023 bertujuan untuk menggali potensi maritim di daerah dalam rangka pemberdayaan wilayah pertahanan laut (Dawilhanla), sehingga kehadiran TNI Angkatan Laut dapat dirasakan di tengah-tengah masyarakat.

RELATED ARTICLES