Tuesday, June 25, 2024

Perhutani Dan IOF Tandatangani MoU Kesepakatan Atur Regulasi Off-Road

IOF – Perum Perhutani bersama Indonesia Off-Road Federation (IOF) resmi menandatangani kesepakatan bersama dalam regulasi penyelenggaraan event off-road di wilayah Perhutani.

Acara penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) ini digelar di Grha Perhutani, Jakarta Selatan, rabu (31/8).

Acara ini dihadiri langsung oleh Direktur Operasi Perum Perhutani, Natalas Anis Harjanto beserta jajaran, dan Ketua Umum IOF Irjen. Pol. (Purn). Drs. H. Sam Budigusdian, M.H. bersama Sekretaris Jenderal IOF H. Joko Permana S.T., M.M. beserta jajaran.

Kegiatan ini bertujuan untuk menyamakan visi Perhutani bersama Komunitas dan Penyelenggara dalam hal standar operasional prosedur (SOP) off-road secara terorganisir.

Direktur Operasi Perhutani Natalas Anis menjelaskan bahwa Perhutani memastikan setiap penyelenggaraan event off-road telah diatur dalam prosedur yang telah ditetapkan, agar menerapkan prinsip kelestarian wilayah hutan dan kehati-hatian.

“Kami telah atur regulasi, dan MoU yang telah kami buat bersama IOF ini menjadi SOP penyelenggaraan event off-road. Perhutani menggandeng komunitas, penyelenggara dan bermitra dengan pihak keamanan untuk kelancaran setiap acara,” kata Natalas.

Sementara itu Ketua Umum IOF, Sam Budigusdian mengungkapkan penandatanganan MoU ini merupakan landasan bagi para komunitas olah raga ekstrem ini untuk tetap bisa menyalurkan hobinya secara bertanggung jawab dan memerhatikan prinsip kelestarian hutan Perhutani.

“Kami bersemangat turut mendukung Perhutani menjaga hutan dengan cara-cara yang telah diatur dalam regulasi. MoU ini akan kami jadikan pedoman untuk 34 pengurus daerah IOF. Semoga dengan adanya MoU ini para off-roaders akan bertanggung jawab dan lebih terorganisir dalam menyalurkan hobinya,” tegas Sam Budigusdian.

Salah satu poin penting yang diatur dalam MoU ini adalah penyelenggara event off-road dapat mengajukan permohonan acara selambat-lambatnya 60 hari sebelum event digelar.

Nantinya permohonan akan diverifikasi oleh Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Perhutani dan wajib melalui rute yang telah diuji kelayakannya oleh Indonesia Off-Road Federation (IOF) dan Ikatan Motor Indonesia (IMI) sebagai regulator kegiatan off-road di Indonesia.

RELATED ARTICLES