Tuesday, June 25, 2024

Rifat Saputra, Offroader Muda Potensial Kelahiran Banyuwangi

Roda kehidupan terus berputar. Begitu pula di dunia otomotif, situasi itu juga terpatri mengiringi langkah bakat muda yang mencuat ke permukaan.

Itu bukan akhir dari sebuah era, melainkan telah lahir sosok pengganti sebagai penanda regenerasi.

Saat ini, hal positif tersebut terekam jelas di sepanjang lintasan milik Indonesia Off-road Federation (IOF).

Setelah sekian lama balapan didominasi offroader senior berpengalaman, kini komunitas offroad yang mengedepankan tagline baru “unity and humanity” hadirkan talenta-talenta muda belia potensial di balik kemudi. Salah satunya adalah Rifat Saputra dari tim Dasico Racing Management.

Pemuda 17 tahun menceritakan seperti apa perjalanan kariernya hingga kemudian terjun ke balapan yang dikategorikan ekstream tersebut.

“Dulu awalnya papah sering ikut offroad juga kejurda-kejurda akhirnya saya coba-coa juga. Kok malah enak, seru, akhirnya terjun juga,” kata Rifat.

“Saya mulai ikut-ikutan offroad dari kelas 1 SMP,” tambahnya.

Untuk kiprahnya di ajang IOF National Championship 2023, Rifat sudah menargetkan prestasi. Intinya, dirinya berharap selalu tampil maksimal.

“Seri 1 2023 saya ikut tapi belum bisa juara. Mobil lagi nggak sehat, tidak fit dan masih banyak trouble juga. Semoga bisa main maksimal saja sih, untuk urusan podium itu bonus. Yang penting main maksimal dulu,” terang Rifat.

Sejauh ini memang bermunculan pebalap-pebalap muda di setiap event garapan IOF dan itu memacunya untuk bermain maksimal dalam setiap seri yang ada.

“Memicu untuk tampil lebih baik, mainnya juga bagus-bagus. Terpacu juga, supaya bisa main lebih bagus lagi. Banyak sih. Contohnya seperti Dek Rey dari D’Sultan Racing Team – Bali, terus Alfat dari HRT Tuban, sama Raihan dari tim 365 HRX,” tegas pemuda kelahiran Banyuwangi.

Harapan pun tertuang seiring berjalannya waktu, Rifat yang saat ini tinggal di Bali punya keinginan yang tersirat dalam dirinya terkait ajang IOF National Championship ke depannya.

“Semoga ke depannya, event ini lebih baik. Agak diperbanyak obstacle-nya sedikit, dipersulit gitu, biar agak seru persaingan poinnya,” pungkasnya.

RELATED ARTICLES