Tuesday, June 25, 2024

Seru! IOF National Championship Round 3 Gresik Semakin Memanas

Event otomotif bertajuk National Championship Seri 3 garapan Indonesia Off-road Federation (IOF) tengah berlangsung pada 3-4 Juni 2023 di Sirkuit Gunung Bathang, Gresik, Jawa Timur.

Puluhan offroader terlihat bersaing ketat demi meraih catatan waktu terbaik dalam melalui total 6 SCS yang ada.

Adu kelihaian mengendalikan kemudi menjadi daya tarik tersendiri bagi para penonton, saat seluruh pebalap melahap lintasan ekstream.

Ketua Pengurus Daerah (Pengda) Jawa Timur, Kombes. Pol. Sumardji, S.I.K. mengungkapkan persaingan sejauh ini cukup seru di berbagai kelas yang diperlombakan. Dirinya juga mengaku kalau kali ini ia tak menargetkan apapun, hanya cari hepi saja.

“Kalau round 3 ini sebenarnya masing-masing kelas mulai dari 1000CC, Upper dan FFA cukup menarik di track ini,” ucap Sumardji.

“Ya saya kira ini dibutuhkan power yang besar, terus harus sabar. Karena memang tricky ya, banyak jebakan-jebakan dan saya lihat di sini paling banyak terjadi accident (klontang), paling banyak nih, termasuk saya. Sulit untuk dihindari di sini, ya itu tadi butuh sabar,” Sumardji menegaskan.

Bicara persaingan sepanjang hari pertama, dua offroader berpengalaman dari tim Galena Nusantara Racing (GNR) tampak menikmati keriuhan balapan di Sirkuit Gunung Bathang.

Pebalap yang juga merupakan Sekretaris Jenderal PP IOF, H. Joko Permana S.T., M.M. memberikan komentarnya terkait persaingan balapan di Gresik.

“Ini masih ramai, poin tidak terlalu jauh. Track ini kan batu pasir ya, bekas galian bahan baku semen. Jadi masih seru. Besok ada 3 SCS, jadi hari ini belum bisa menentukan. Karena besok finalnya di 3 SCS,” kata Joko Permana.

“Ya kita teman satu tim biasalah, seru bergurau dalam artian bentuk motivasi bagaimana kita mendapatkan waktu tercepat. Tapi tetap keselamatan yang utama,” tegas JP.

“Saya optimis besok bisa mengejar ketinggalan poin. Kita berusaha dan berdoa ya, faktor keberuntungan yang akan menentukan walau kita sudah habis-habisan.”

Tak kalah percaya diri, pebalap yang juga menjabat sebagai Kepala Departemen III IOF bidang olahraga yaitu dr. H. Lalu Herman Mahaputra M.Kes., M.H. mengungkapkan optimisme.

“Event hari ini adalah hari pertama, masih ada hari esok. Tapi yang jelas saya punya keyakinan masuk 5 besar. Paling tidak bisa mendampingi pebalap 099 (Joko Permana),” kata pebalap yang akrab disebut dr. Jack.

“Ya boleh-boleh saja, kan orang punya keinginan, punya hasrat, tapi ya kita buktikan saja. Artinya dengan track di Gresik ini, CC besar tidak menjamin untuk bisa jadi yang teratas,” tembahnya.

Sosok yang menjabat sebagai direktur rumah sakit di NTB ini juga menekankan mesin mobil tak bisa dijadikan patokan untuk memenangi balapan.

“Ceroke juga masih mampu, karena kita lihat model kontur tanah dan tracknya, bolehlah diadu CC besar sama CC kecil bisa bersaing,” terang dr. Jack.

“Ya memang 2 event 1-2 di Magelang dan Tegal saya memang tidak ikut, tapi insya Allah seri 3 dan seterusnya saya akan ikut. Dan insya Allah saya bisa juara,” pungkasnya.

RELATED ARTICLES